July 23, 2010

Novel-Novel Keren

Dulunya, gw gak suka banget baca buku. Apalagi buku yang tebel-tebel yang mirip bantal. Ngliatnya aja udah bikin ngantuk duluan. Dulu gw demen banget baca komik, apalagi komik Dragon Ball. Semenjak, beberapa seri gw kalah cepet minjem di tempat peminjaman komik dan harus nunggu sampai komik itu balik, gw males banget. Gw akhirnya beralih ke komik yang bergenre "kungfu" (hehehe, beladiri kuno dari negeri tiongkok), judulnya "kung fu Boy". Lu pasti tahu donk, komik ini terkenal banget. Klo komik yg satu ini, gw gak dapet minjem gw bela-belain beli cuy..(klo buku pelajaran gak sampe segitunya gw..:p)

Apa mau dikata, cerita pun berakhir ngegantung. Lagi-lagi karena gw gak berhasil mendapatkan seri selanjutnya. Beli pun tak berhasil, minjem pun tak dapat (sial bener gw...). Sampe sekarang gw masih penasaran sama itu cerita Kung Fu Boy. Beranjak dewasa dan remaja (cie..cie..cie..suit..suit..suit..prikitiw..!!) gw pun meninggalkan kebiasaan membaca komik. Gw alihkan nonton pelem kartun berseri, such as (ehem! pake bahasa inggris..) Astro Boy, Dragon Ball, Inuyasha, etc.
Sampe akhirnya, peristiwa dramatis itu terjadi. Ketika gw duduk di bangku kuliah, peristiwa yang mengubah kebiasaan gw terjadi (bahasanya udah dramatisir belum..? hihihihi). Gara-gara temen gw yang minjem buku "AYAT-AYAT CINTA", gw jadi demen baca buku tebal. Awalnya gw ngliat itu buku udah geuleuh, jijik, amit-amit, hueeekkk sooorrr deh pokoknya..! Karena, buku itu tebel beneeerrr... (secara gw waktu itu gak demen baca buku tebel), terus kagak ada gambarnya cuma tulisan thok..! Gw pun mempengaru
hi temen gw, dan temen gw juga mempengaruhi biar gw baca itu buku.

Gw: Apa bagusnya seh itu buku, udah kagak ada gambarnya, tebel pula?!

Temen Gw: Wah ini buku bagus banget ceritanya. Lu mesti baca..!!

Gw: iiiihhh... ogah dah! makasih!

Dasarnya gw yang emang orang penasaran, waktu temen gw lagi keluar dan itu buku kegeletak di atas meja. Gw iseng baca sinopsis bagian belakang buku. Pikir gw, biasa aja nothing special. Oke, gw iseng lagi buka pada prakata. Lagi dan lagi, gak ada yang special (kagak pake telor kali ya,makanya gak ada yg spesial buat gw,,hehehe). Tanpa gw sadari gw udah masuk di bab pertama. Emang kampret itu buku, bikin gw penasaran gara-gara ceritanya. Temen gw pun tahu dan dia cengar cengir sambil bilang, akhirnya lu baca juga.


Ini dia, novel yg membuat gw kepincut buat baca


Setelah novel "ayat-ayat cinta" gw lahap (gw pake majas paradoks, yg artinya melebih-lebihkan alias lebaaayy..hehe) novel selanjutnya gw hunting. Toko buku pun gw tongkrongin buat hunting novel dan buku tebal. Waktu lagi PL, gw minjem novel "5cm". Ini novel bikin gw penasaran abis. Cover dengan berwarna hitam dan hanya bertuliskan "5cm" berwarna putih, menurut gw memberikan kesan mistis dan penuh misteri (gaya banget gw! sok tahu..!) Bagi yang udah baca ini novel pasti terkesima. Banyak pelajaran yang bisa diambil, apalagi dibumbui (masakan kali..,pake bumbu segala) dengan kutipan-kutipan dari tokoh filsafat.

Novel Kedua yang gw baca

Terus beranjak, hingga akhirnya Tetralogi Laskar Pelangi gw pantengin sampe tuntas. Dari Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, dan yang terakhir Maryamah Karpov, sudah selesai gw baca. Kali ini, keempat buku itu bikin gw mikir dan sedikit rada bingung. Maklum, bahasa yang digunakan sedikit tinggi dan muter-muter bikin pusing. Terutama, edisi terakhir Maryamah Karpov. Berat banget cuy! Ada perhitungan fisika yang dijelaskan tanpa rumus, hanya kata-kata. Imajinasi pembaca bener-bener dimainkan.


Cuma "Sang Pemimpi" yang gak gw punya (duh, sayang banget..)

Cukup banyak koleksi buku bacaan gw, dan gw gak akan berhenti untuk terus menambahnya. Menurut gw ini investasi. Someday, gw bisa buka perpustakaan kecil-kecilan buat anak-anak yang kurang mampu (ooohh, mulia sekali niatmu nak..T_T) tapi ingin maju dengan cara membiasakan membaca.

Untuk novel "Ketika Cinta Bertasbih", gw gak punya guys. Untuk yang satu ini alsan gw adalah, writernya sama dan gw berprasangka ceritanya juga gak bakal jauh dari "ayat-ayat cinta". Mungkin banyak yg protes dan bilang gw klo ceritanya berbeda, tapi menurut gw ya begitulah heheehe..
Sama seperti penulis "kambing jantan" si Radityadika. Kocak banget cerita dia di kambing jantan, hingga akhirnya gw terjun bebas menjadi kurang begitu suka setelah membaca "Bukan Binatang Biasa" dengan pengarang yang sama. Menurut gw, cerita "bukan binatang biasa" terlalu dibuat-buat. Beda halnya dengan kambing jantan, walupun dibuat-buat juga tapi kesannya gak terlalu maksa. Dan gw harus jujur, buku binatang biasa gak berhasil membuat gw terpingkal-pingkal hingga terseok-seok seperti membaca kambing jantan. Buat Bang Radit, no offense yaa,, gw cuma berpendapat (kayak blog lu dibaca sama si Dikung aja seh..! pake ditujukan ke sana..hehe)


Ini buku yang bikin gw terkenjing-kenjing,ngakak gak keruan

Dua novel terakhir yang bikin gw terharu dan bersemangat kembali untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi adalah "Negeri 5 Menara" dan "Negeri Van Oranje". Buku yang berdasar (katanya) kisah nyata ini dikemas dalam bentuk cerita yang tidak menggurui dan lebih mudah dipahami bahasa yang digunakan. Buat yang belum baca, gw recommended buat dibaca. Lu akan tahu kenapa gw recommended dua buku itu.



Gw recommended buat lu baca (must..!!)

Novel terakhir yang baru tuntas dibaca adalah "Haji Backpaker" dan sedang dibaca adalah "My Stupid Boss". Ini atas saran dari temen gw (siapa..?? siapa..?? ah, janganlah. katanya dia gak mau diekspose..hehehe) Baru lembar pertama, gw udah ngakak! Buat lu yang lagi stress, gw recommended buku ini. Kebetulan buku ini ada dua edisi, yang baru gw baca edisi pertama, edisi kedua masih dipinjem sama yang nyaranin gw buat baca ini buku...:)




Masih banyak lagi novel yang gw baca, termasuk novel terjemahan. Bukan yang percintaan gitu lho ya.. salah satunya adalah "A Thousand Splendid Sun". Gw baca ini novel, berkaca-kaca mata gw. Dua orang yang minjem, ikut membuktikannya alias mewek juga..



Cari di toko buku, klo udah gak ada. Bisa pinjem ke gw..:)

10 comments:

The Michi said...

menunaikan janji janji yang sempat terabaikan..

Nice blog..
semua itu juga novel paporit saya..

hampir semuanya telah saya pinjam dari teman saya.
keculai satu.

5cm....

saya belum menekukan seorang teman yang memilki novel tersebut..
barangkali teman yang satu ini mau menmijamkannya..

hehehe

Adi Budi Yulianto said...

hohoho,khusus novel yang itu. Aku sendiri meminjam. Soalnya belum fanatic banget sama novel, baru sekarang fanaticnya..

mungkin,ada baiknya ke gramedia.Baca di tempat.hehehe. (klo perlu nginep..hohoho)

BAchGEUR said...

yg dh gw pny ayat2 cinta,5menara,kambingjantan n negri van oranje...sisany gw pinjem yee...hahaaa

Lazuardi Birru said...

permisi, mau kasih informasi. Ikutan yuk lomba desain poster. Klik disini yaa :

http://lazuardibirru.org./web/?show=tahukah&id=202

Bukan HOAX atau SPAM. Dan banyak hadiahnya lhoo.. yuk ikutan kawan.

Gaphe said...

ohohoo saya juga suka negeri lima menara. Man Jadda wa jada laah pokoknya!. Nice post :)

nee.Ya.nia said...

wah sama tuh kayak aq, waktu awal liat sampulnya AYAT2 CINTA, males bacanya.. berbulan-bulan di rak buku gak q lirik.. baru q baca waktu ada tugas bahasa indonesia di suruh bikin resensi buku.. eh ternyata malah ketagihan.. haha

auliadriani said...

novel2 yg keren... a thousand splendid sun, pgn baca tp belum kesampean smp skr... btw lam kenal y :)

auliadriani said...

Thanks kunjungannyaa! terharu juga saya jadinya :D
Akhirny hari ini ke Gramedia, dan Alhamdulillah, a thousand splendid sun-nya lagi kosong! (berhubung bulan puasa ga boleh ngedumel, jadi "alhamdulillah" aja deh)...
Thanks for following, also... Gw follow balik yaa!

TUKANG CoLoNG said...

ada beberapa buku yg gue demen tapi belum gue baca. konon sih bagus, yg 5cm ama stupid boss itu. aku baru denger kekerenannya dari negeri seberang.:)

Adi Budi Yulianto said...

@ tukang colong: klo yg stupid boss itu yg bikin orang kita, tapi kerja di negeri tetangga. menurut gw, itu stupid boss, sama gilanya kayak kambing jantan, raditya dika.