January 3, 2023

Sholawat Bukan Untuk Mendapatkan Dunia

Kalian pasti pernah dengar, ada orang yang mengatakan "kalau mau sesuatu sholawatin aja dulu". Hal tersebut sering banget terjadi di sekitar kita dan saya mendengarnya seperti "mantra" jika menginginkan sesuatu.

Mungkin kalian juga pernah melakukan hal tersebut, tidak terlepas saya pun juga pernah melakukan itu. Tetapi, saya secara pribadi tidak cocok dengan hal tersebut. Karena, bersholawat untuk mendapatkan dan mengharapkan duniawi. Sejatinya sholawat adalah berharap mendapat syafaat dari Rasulullah SAW, kelak di hari akhir.

 Alangkah baiknya, kita menempatkan sholawat kepada Rasulullah kembali pada hakikatnya yaitu memujinya dengan harapan mendapatkan pertolongan dan syafaat di hari kiamat kelak. Sedangkan untuk urusan duniawi, biarlah Allah SWT yang menentukan. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berdoa dan dalam berdoa alangkah baiknya tetap selipkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Dalam Al Quran surat As Syura ayat 20 yang artinya adalah,

"Barangsiapa menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya dan barangsiapa menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian darinya (keuntungan dunia), tetapi dia tidak akan mendapat bagian di akhirat"

Begitu jelas bahwa bagi mereka yang hanya mementingkan keuntungan dunia, maka tidak akan mendapat bagian di akhirat tetapi hanya mendapat keuntungan di dunia dan itu pun hanya sebagian saja. Merasa setiap permintaan dan doa kita akan duniawi selalu dikabulkan oleh Allah SWT, jangan sampai membuat kita lalai. Justru dengan banyaknya harta, akan membuat kita lebih lama di hari yaumul hisab.

Tidak hanya dalam surat As Syura, kita juga diperingatkan oleh Allah SWT dalam surat Hud ayat 15-16 yang artinya adalah,

"ayat 15: Barangsiapa menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, pasti Kami berikan (balasan) penuh atas pekerjaan mereka di dunia (dengan sempurna) dan mereka di dunia tidak akan dirugikan."

"ayat 16Itulah orang-orang yang tidak memperoleh (sesuatu) di akhirat kecuali neraka, dan sia-sialah di sana apa yang telah mereka usahakan (di dunia) dan terhapuslah apa yang telah mereka kerjakan."


Sekiranya dua surat dalam Al Quran tersebut bisa menjadi pegangan kita dalam hidup. Bagaimana harus menempatkan sholawat yang semestinya dan sebaik-baiknya. Sholawat bukan untuk mendapatkan dunia. Berhati-hatilah.

Jika menginginkan sesuatu yang bersifat dunia, sebaiknya mintalah sama Allah SWT dengan cara yang sudah diajarkan oleh Nabi, seperti tahajud, puasa sunnah, solat hajat, bernazar, dan lain sebagainya. Tentunya itu semua harus diawali dengan niat beribadah kepada Allah SWT yang kemudian diselipkan doa keinginan kita. Wallahu 'alam.

Sesungguhnya Allah SWT adalah sebaik-baik perencana.

"Allah bisa menghancurkan rencanamu, sebelum rencanamu menghancurkanmu"


Semoga tulisan ini bisa memberikan sedikit pengetahuan bagi teman teman semua.

No comments: