February 11, 2011

jabon tanaman investasi sekaligus harta karun

Oke, gw sekarang sedang cuti panjang. Tadinya mau nge-gelandang ke Jogja bareng Raja dan Indra. Nanti di sana bakalan ketemu sama Gaphe yang sudah siap menanti kedatangan kita sebagai tamu gelandangannya. Dan gw juga akan melakukan reuni kecil sama temen SD gw waktu di Lombok. Tapi berhubung ada sesuatu hal dan itu sangat mendadak banget, nge-gelandang ke Jogjanya di-cancel. Manusia cuma bisa berencana yaa..yang menentukan semua mah Allah..:)

Berhubung pendingnya acara ke Jogja sangat mendadak dan begitu bikin shock..! Gw gak tahu mesti gimana dan gak menyiapkan plan yang laen. Karena gw pikir, semua rencana akan berjalan lancar. Pesan dari kejadian ini, klo mau pergi-pergi gak usah kelamaan bikin plan dan rencananya. Cukup 2-3 hari menjelang keberangkatan. Lumayan bisa buat pacu adrenalin, daripada lumanyun  gak jadi berangkat.hehehe..

Sebenarnya usaha ini udah lama jalannya. Tapi berhubung temen gw butuh bantuan akhirnya gw join juga buat masarin ini usaha. Usahanya jualan benih dan bibit tanaman tahunan,namanya Jabon. Maklumlah ya, gw sama temen gw kan lulusan IPB. Walopun gw sendiri bekerja gak bergerak di bidang pertanian,tapi dalam hati kecil gw masih ada sedikit untuk tetap memanfaatkan ilmu yang sudah gw dapet selama 4 tahun kuliah. 

Jabon (Anthocephalus cadamba Miq.) Merupakan salah satu jenis kayu yang pertumbuhannya sangat cepat dan dapat tumbuh subur di hutan tropis dengan ketinggian 0 – 1000 m dpl. Saat ini Jabon menjadi andalan industri perkayuan, termasuk kayu lapis, karena Jabon memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan tanaman kayu lainnya termasuk sengon/albasia. Kemampuan tumbuhnya sepadan dengan sengon/albasia apabila mendapat perawatan yang optimal.
Dari hasil uji coba yang telah dilakukan, KEUNGGULAN tanaman jabon dapat diuraikan dari beberapa sisi, diantaranya adalah:
o   diameter batang dapat tumbuh berkisar 10 cm/th
o   Masa produksi jabon yang singkat – hanya 4 – 5 tahun
o   Berbatang silinder dengan tingkat kelurusan yang sangat bagus
o   Tidak memerlukan pemangkasan karena pada masa pertumbuhan cabang akan rontok sendiri (self pruning)

Tentang kualitas kayunya sendiri, Jabon merupakan tanaman kayu keras yang dapat tumbuh sangat cepat. Lingkar batangnya pada usia 6 (enam) tahun bisa mencapai di atas 40-50 cm, batangnya bebas cabang sampai 60%,warna kayunya kuning terang sampai putih, dan kayunya tidak bobok oleh serangga, karena itulah kayu jabon sangat mungkin dimanfaatkan oleh Industri kayu.


Asumsi Penghasilan Penjualan Kayu Jabon Per Ha
1 HA 625 Pohon dengan Masa Panen 5-6 Thn
Dia.50 CM ,Tinggi 13 meter ---- Volume : 2,56 m3 x 625 pohon = 1600 m3
Menghasilkan kayu lebih kurang 1600 m3
 
Prediksi Harga 1,2 juta x 1600 m3
Maka diperoleh Hasil Rp. 1.920.000.000,- /Ha (ini duit, bukan daon pohon Jabon,hehe)

Saat ini, kita lagi memulai untuk pembenihan baru. Karena kita sudah kehabisan stok  Yang dijual gak cuma benih, tapi kita juga jual bibit dengan tinggi sekitar 20-50 cm seharga Rp.2000 (sudah termasuk ongkos kirim). Untuk pemesanan 10.000 bibit kita akan kirim sampai tempat tujuan, khusus untuk wilayah jabodetabek. Tapi untuk pemesanan dibawah 10.000 bibit, silahkan ambil sendiri ke tempat persemaian di daerah Dramaga Bogor. Nah, jadi mau milih mana, beli yang 10.000 bibit atau yang kurang dari 10.000 bibit. Toh harga yang kita kasih sama..:)


 bibit 20-50 cm



persemaian, ini udah laku semua :)


benih yang kita jual

BENIH Jabon
Grade A : Rp. 4.000.000/kg
Grade B : Rp. 2.500.000/kg
Grade C : Rp. 1.500.000/kg
Tempat pembelian : Bogor
                                                              Persediaan : Terbatas


Untuk benih kita punya tawaran paket. Semacam di fast food gitu, kita juga kasih paket hemat. Mungkin di  beberapa tempat untuk pembelian benih tidak disertai buku panduan unutk mengkecambahkan benih. Tapi kita berikan buku panduan untuk itu plus konsultasi selama sebulan penuh. Kesulitan dalam mengkecambahkan atau terserang hama, hubungi saja kita untuk msaalah pemberian pupuk dan segala macamnya. Walopun di buku panduan itu kita sudah berikan lengkap cara perawatannya. Namanya juga tanaman yang ditanam di daerah yang berbeda, tentunya serangan jamur dan hama juga berbeda-beda. Kita menjual benih minimal dalam ukuran 250 gram dan itu bisa jadi sekitar 30-50 ribu bibit.


Tanaman Jabon sebagai hutan kota


kayu yang siap diolah

Masa panen Jabon 6 tahun sudah bisa dipanen. Jadi untuk bapak, ibu atau mas dan mbak dimana perusahaanya mau melakukan gerakan lingkungan dengan penanaman pohon,boleh dicoba produk yang satu ini. Itung-itung ikut menjaga bumi kita  dari serangan pemanasan global, walopun pemanasan global gak bisa dihentikan. Setidaknya bisa dikurangi lah dengan tetap mejaga lingkungan kita ..:)

Kalau ada yang berminat bisa hubungi kita di adibudiyulianto@gmail.com atau bisa langsung order dan silahkan tanya-tanya ke nomor 085691701519 / 081319169150. Klo mau berkunjung ke tempat persemaian di Dramaga Bogor (Kampus IPB-Dramaga), dipersilahkan. Kita buka setiap hari, gak ada hari libur..:)


28 comments:

Gaphe said...

Gw tertarik sih, tapi lu bisa jamin nggak nih.. enggak bakalan rugi. hahahaha

terang aja, udah invest duit ke tanaman idup, begitu taun depan kena banjir atau kebakaran utan.. abis dah!

Aq-B0c4h-Imyut-Syuq4-N93L4muNzzz said...

ckckck... promosi si abang... memanfaatkan blog untuk bisnis... bolehlah ditiru idenya... hahhha

Ajeng Sari Rahayu said...

Wah menarik ini Menk!

tapi aku kerja aja belom, duit juga masih minta...sukses deh buat yang ini :)

Rahman Raden said...

sorry ya hingga saat ni q belum meyukai bercocok tanam

Todi saja said...

nice info mas adi..prospek banget kayanya nanti kalo dah balik ke kalimantan..saya save kontak personnya nya ya mas...

SHUDAI AJLANI (dot) COM said...

wah baru pertama denger nih sob ada tanaman seprti ini

Ferdinand said...

Eh buset... gak salah baca gw Sob? 2000 udah termasuk ongkos kirim, berarti misal yg beli dipapuu tetep 2000 tuh satu pot? murah amat :D

Met malem mingguan aja dah... semoga gak malem mingguan be-2 raja lu haha..

AkaneD'SiLa said...

huweh baru tau aku
hmm...

gudlak deh usahanya kak


nupost

TUKANG CoLoNG said...

temen yg baik.. :D

-rif said...

tumben postingannya kayak gini.

Adi Chimenk said...

@gaphe: ya klo kebakaran dan banjir itu kan musibah. setiap invest yg lu lakuin klo kena musibah ya habis..hehe

@aq bocah: memanfaatkan yang ada..

@ajeng: buruan kerja..hehehe

Raden: gak apa-apa, someday juga tertarik kok..:)

@mas Todi: boleh mas disave..:)

@Shudai: gw juga baru tahu belakangan ini. Dulunya cuma tahu mentog di pohon jati.

@Ferdinand: itu utk jabodetbek aja yang 2000, klo papua sih tambah lagi ongkosya..hehehe

@akane: mkasih yaa..:)

@mbak rifka: gak da bahan buat ditulis mbak.. ada temen minta bantuan ya udah jadi bahan tulisan saja..heheh

@sukra: klo kata di blog lu, "ini bukan pohon biasa" hehehe

John Terro said...

ane sering berencana, tapi banyak juga yang gagal
untuk masalah bisnis, ane masih tidak berminat ... hehe

moenas said...

pebisnisman ya brow...
moga2 sukses dagh usahanya ^^

niee said...

wah, cepat juga ya 6 tahun udah bisa produksi...

btw salam kenal bang adi, kunjungan pertama aku :D

Ajeng Sari Rahayu said...

Iye2 kerja :p

Zippy said...

Wah..keren yah kayaknya.
Hasilnya mantep banget tuh.
Tapi kalo gue beli, mau ditanem dimana.
Gak punya pekarangan sih, wkwkwkw...

TUKANG CoLoNG said...

chimenk,
hahahaha lu tau aja.. :D

r10 said...

investasi yg menarik, tapi aku ga punya tanahnya.. mau tanam dimana? :D

Rose said...

sama g k jadi ngebolang jogja..ahahaha..

Hemm, iya tuh ilmu bercocok tanam jangan ampe hilang, hahahhaha

salam..

☺☺☺ said...

10 ribu bibit bisa bikin hutan disekitar kantor ga di? kalo beli 10 ribu bibit nanti gue nanemnya dimane deh? ini pertanyaan serius loh. soalnya gue ada kegiatan buat lingkungan tapi masih menyusun konsep gitu. dan jabon ini bisa di kota juga kan? atau kawasan tertentu? mungkin yang kaya bogor kota hujan gitu, atau daerah vulkanik. atau bandung? bakalan bisa ga sih di pake di jakarta? ada penjelasan lebih lanjut? hoho 10rb x 2000 itu 20 juta kan ye? okee ditunggu kabarnya :D

Adi Chimenk said...

@john: bukan gagalnya yang dilihat, tp bangkit dari kegagalannya..:)

@moenas: baru belajar bisnis..:)

@niee: salam kenal juga..:)

@Ajeng: yuk marii..:)

@zippy: lu beli benihnya aja, terus dikecambahin, bibitnya lu jual ke prusahaan..hehe

@Sukra: tahu lah, lu kan bukan penulis biasa,,,hehehe


@r10: ditanem di kota aja, jadi bakti lingkungan..:)

@rose: ah, senasib kita berarti gak jadi ngegelandang ke jogja..hehe


@ata: bisa ditanem dimana aja bu, apalagi klo dijadikan hutan kota. bisa ditanam di taman2 kota..:)

Zulfadhli's Family said...

Sebagai anak IPB yang manis dan baik hati, ko gw masih belom ngeh yah sama si Jabon ini? Apa gw nya yang dodol?? *garuk2 pala*

ReBorn said...

oh... im so sorry my friend... T_T
nanti kita berkebun bareng-bareng deh. buahahhah

Anonymous said...

kalau takut gagal jangan bisnis,HERAN,ELO ELO YANG NAIK MOTOR KALAU KETABRAK BUSWAY YA JUGA MATI KAN
BERANI BISNIS TAK TAKUT GAGAL
TAKUT GAGAL JANGAN BISNIS

birong borong said...

Mas,

Harga bibit jabon sekrarang brapa yg siap tanam? 50cm-an?
Saya tertarik untuk membeli, lokasi dimana yah mas?

Salam.

Adi Chimenk said...

@birong borong: bibit jabon siap tanam ukuran 50cm harganya 8000-an mas.. lokasi pembibitan ada di Dramaga-IPB.

atau bisa visit: http://berbisnisjabon.blogspot.com/

Obat Perangsang Wanita said...

OBAT PERANGSANG WANITA
Sex Drops Cair
Potenzol Cair
Perangsang Jel
Red Spider Cair
Viagra Cair
DH2O Cair
Blue Wizard Cair
Black Ant Cair
Spanish Fly Cair
Spanish Fly D5
Obat Plant Vigra
Permen Ailida
Permen Karet Perangsang
Perangsang Serbuk
Black Ant Serbuk

ALAT PEMBESAR PENIS
Pro Extender
Vakum Pompa Penis

OBAT PEMBESAR PENIS
Neosize XL
Vigrx Plus
Vimax

OBAT MANDUL
Obat Penyubur Sperma
Obat Penyubur Kandungan
Obat Penambah Sperma

PEMBESAR PAYUDARA
Vakum Pompa Payudara

Obat Perangsang Wanita said...

SEX TOYS PRIA
Vagina Getar Suara
Vagina Ngangkang Getar Suara

SEX TOYS WANITA
Penis Tempel Manual
Penis Maju Mundur Putar
Vibrator Lipstik
Penis Sakky Elektrik
Penis Kelabang

OBAT tAHAN LAMA
Maximum Powerfull
Africa Black Ant Kapsul
Procomil Spray
Darling
Stud 007