February 2, 2018

Tips - tips agar tagihan listrik rendah

Listrik salah satu kebutuhan primer, tanpa ada listik kita gak bisa berbuat banyak. Tapi tanpa sadar saking enaknya pakai listrik, tahu-tahu tagihannya bengkak. Kemudian teriak-teriak, tagihan listrik di rumah gw kok mahal amat. Padahal pemakaiannya hanya itu-itu saja, kok bisa mahal banget yak tagihan listriknya.


Iya memang benar, pemakaiannya itu-itu saja, seprti mesin cuci yang mungkin dipakai saat pagi, AC saat tidur, TV saat sedang di rumah. Untuk TV, mungkin sering bahkan banyak diantara kita yang menyalakan TV tapi tidak ditonton. Malah sibuk bermain handphone dengan kondisi sedang di-charge. Jadi, yang tadinya mau nonton TV, malah ditonton TV. :)



Nah, disini gw coba berbagi gimana sih caranya biar tagihan listrik gak membengkak.
1. Cek Berkala
Sekarang, untuk pengisian listrik sudah banyak yang menggunakan token pulsa atau istilahnya prepaid. Dengan pulsa listrik lo bisa kontrol pemakaian listriknya sehingga tidak membengkak. Karena alat elektronik yang berhubungan dengan listrik yang ada di rumah lo, yang paham lo. Jadi ketika lo pergunakan, lo bisa hitung dalam sebulan gw habis berapa. Sehingga saat ingin menambah alat elektronik, maka ada konsekuensi harus mengurangi pemakain alat eletronik lainnya.

2. Lihat Daya
Ini penting! jangan asal beli alat elektronik tanpa melihat daya nya. Biasanya orang suka lupa. Lo bisa lihat info daya ini, yang biasanya terletak di belakang produk elektronik. Lihat bagian daya listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkan alat elektronik tersebut. Jadi, lo bisa tahu saat dipergunakan di rumah tidak akan mnambah beban listrik.


3. Hemat
Nah ini yang sulit. Dengan zaman saat ini, saat segala sesuatunya sudah canggih dan otomatis. Semua rasanya dimudahkan. Dari cuci baju yang tinggal masuk ke mesin, keluar dari mesin baju sudah bersih dan kering. Kemudian, memasak nasi, tingal pencet tombol tak lama kemudian nasi sudah jadi. bahkan kompor pun ada kompor yang bersumber dari listrik. Nah, biar tagihan gak banyak, mulailah dengan mencuci pakaian dengan tangan, lalu memasak nasi menggunakan kompor dan jangan sering-sering menggunakan AC, kalau bisa pakailah Angin Cendela (AC Alam, ahaha)


Yang terpenting kalau tidak mau ada tagihan listrik, jangan pasang listrik. hahaha


2 comments:

Fei said...

Hyeakakkkkkk buener bgt. Ini tulisan kok nyindir gw bgt yak.

Adi Yulianto said...

@Fei: wkwkwkw, lo ditonton TV yak?