August 4, 2015

"Kapan?", pertanyaan tak berujung

Dulu, waktu masih kuliah dan memasuki tingkat akhir, pertanyaan mengenai "kapan?" selalu hadir dan menemani. Gak pandang sama siapa lo ketemu, pertanyaan itu pasti muncul. KAPAN?.

---

Iya, kapan lo maju untuk sidang skripsi?. Gak sampai di situ, beres sidang skripsi pertanyaan selanjutnya adalah kapan lo wisuda?. Beres sampai diwisuda? Heh! jangan seneng dulu kalian, pertanyaan lebih menyakitkan yang rasanya perih banget masih ada dan selalu diawali dengan kata kapan. Jangan pernah bangga dengan gelar sarjana yang kalian dapat selama menjadi siswa yang maha alaisa mahasiswa.

Sesungguhnya gelar sarjana yang kalian sandang sangat berat ketika kalian belum juga mendapatkan kerjaan atau belum juga berpenghasilan. Sudah wisuda dan sarjana, kapan mau nyari kerja?, pertanyaan kapan muncul lagi. Sejatinya pertanyaan kapan lebih bermaksud menyindir dan pertanyaan dengan memulainya dengan kapan itu sakit. Rasanya ingin ngajak berantem.


Sudah dapet kerjaan, sudah berpenghasilan kemudian masih jomblo, wah..ini kondisi yang biasanya orang tua ikut campur. Bahkan Pak RT, Pak RW, Pak Lurah, dan warga kampung ikutan nimbrung. Buat apa? buat ngejodohin lo sama anak mereka, anak temen mereka, atau sodara mereka yang juga lagi jomblo. Sepertinya status jomblo itu status yang gampang banget diketahui dan gampang terpublikasi. Makan sendiri, pergi jalan ke mall sendiri, jomblo ya?. Hina banget sepertinya, kampretos..!

Masuklah kalian pada jenjang pernikahan setelah menemukan jodoh yang selama ini dicari. Pas kumpul keluarga, kalian datang bersama istri, kemudian Opung, Inang, Pakde, Bude, Om, Bibi, mengajukan pertanyaan yang kampret, kok belum hamil? kapan mau hamil? ditunda ya? Daripada nanyain kapan mendingan doain.. Udah punya anak satu, ditanya kapan nambah lagi?  gitu aja terus sampai firaun bangkit, terus mati lagi, terus bangkit lagi, terus mati lagi, dan terus..terus..terus..

Jadi buat kalian yang akan memasuki satu step kehidupan, biasanya pas lo memasuki umur baru alias ulang tahun.  Siap-siap akan ada pertanyaan kapan?. Kapan? pertanyaan tak berujung..

No comments:

Nama Dagangan

adventure (14) AWARD (8) curcol (5) exploresumba (1) family (2) fiksi (2) GiveAway (2) HK (2) horor (1) humor (7) info (6) kompetiblog2012 (2) my mind (7) My Money (25) opini (27) pengalaman pribadi (5) share (88) Singapore (3) umum (18)