May 11, 2010

Cerita Dari Eropa

hehehehe *nyengir dulu aaahh..*

Gw kembali nulis lagi, setelah rehat beberapa saat. Sebelumnya gw mau kasih tahu klo kerjaan gw yang sekarang itu, selalu berkutat dengan deadline. Minta data jam 10, dan harus jadi satu jam kemudian. Mending datanya ciek, duo, atau tigo.. tapi ini datanya hom..pim..pa alaeom segambreng..!! Tangan cuma dua, jari tangan cuma sepuluh. Waktu satu jam itu berasa cepat banget. Itu tadi keluh kesah gw, mau ditanggepin silahkan gak ditanggepin injih mboten nopo-nopo (hehehe..hehehe)


Melanjutkan cerita gw waktu mengobrol panjang dengan Pak Arief yang bekas Pembimbing skripsi gw, masih ada cerita dari beliau tentang Eropa..:) EROPA BOY..EROPA..! EROPA YANG MEGAH DAN MEWAH (dengan gaya seperti dalam film Sang Pemimpi)

Jujur gw emang sangat mengagumi beliau, selain karena satu daerah dengan asal gw yaitu Magetan (sebenarnya, gw juga bukan Magetan asli. Gw Tim-Teng. Akulturasi Jawa Timur dan Jawa Tengah, tp rumah di magetan. hehehe) Track record beliau juga memukau. Gw coba cari lewat bantuan mbah google dan menemukan ini dan gw juga coba mencari sesuatu yang lain dari beliau juga dengan bantuan mbah google dan gw menemukan ini
(semoga bisa dibuka ya link-nya..hihihi) Dari situs terakhir yang gw dapet, beliau ternyata sedang melakukan riset menciptakan alat yaitu "Opacity Meter". Lu cari sendiri ya apa itu Opacity Meter, hehehe

Pak Arief bercerita waktu beliau sekolah di Eropa, gw lupa entah itu Master atau Doktor. Waktu itu beliau sedang menghadapi ujian Toxicology. Di waktu sedang ujian, beliau mendapat kabar kalau istri beliau akan melahirkan anak pertama. Pak Arief pun berkata kepada sang penguji dengan harapan mendapat keringanan..

Pak Arief: "Maaf Pak, kondisi saya lagi kurang fit"

Penguji: "Memangnya kamu kenapa?"
Pak Arief: "Saya baru dapat kabar, kalau istri saya mau melahirkan anak pertama saya"

Penguji: "Oh begitu. Baiklah, silahkan lanjutkan penjelasan saudara mengenai Toxicology"

*Yang mau translate ke bahasa Jerman, dipersilahkan kok..hehehe

Nah loh, kebayang donk gimana perasaan Pak Arief waktu si penguji mengatakan untuk melanjutkan ujian. Gw aja yang denger cerita beliau, geleng-geleng kepala. Heran, sekaligus terkesima. Pendidikan di Eropa sana memang benar-benar beda. Dibilang sadis, emang sadis. Dibilang kejam, emang kejam. Pak Arief juga tidak bisa berbuat banyak, beliau hanya berstatus mahasiswa yang harus patuh sama peraturan perkuliahan.

cerita belum selesai sampai disitu. Beliau harus melakukan ujian praktikum dengan seorang Profesor. Ketika beliau memasuki Laboratorium, Penguji yang tadi memberitahu si Profesor.

Penguji: "Prof, mahasiswa yang di depan anda itu, istrinya sekarang mau melahirkan anaka pertama"
Profesor: "Oh begitu, baiklah. Silahkan lanjutkan ujian praktikumnya"

WHAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAATTTT...!!! lagi-lagi gw kaget. Klo di negeri ini, flu dikit ijin. Ada acara kawinan tante, om, ato sapalah, ijin. Buat yang mau sekolah ke luar negeri, terutama Eropa (termasuk gw, hehehe) siapkan mental. Mungkin cerita dari Pak Arief bisa jadi pedoman.

Setelah selesai ujian, beliau cepat mengayuh sepeda onthel. (HAH..!! lu bisa bayangin gak? istri mau nglahirin anak pertama, terus lu harus ngayuh sepeda onthel dari kampus ke apartemen yang jaraknya lumayan..) Sampai di apartemen, di depan pintu tergantung pesan "Pak Arief, istri sudah saya bawa ke Rumah Sakit"Kebetulan, Pak Arief tetanggaan dengan orang Indonesia.

Alhamdulillah, beliau masih dikasih kesempatan sama Allah untuk menemani sang istri melahirkan anak pertama. Indah pada waktunya..:)

Pak Arief juga berpesan, kalau dikasih kesempatan sekolah ke Eropa, terus ada waktu libur. Gunakan untuk jalan-jalan keliling Eropa. Jangan terlalu dihemat uang beasiswanya. Karena belum tentu esok kalian bisa ke Eropa lagi. Pak Arief juga sempat menghitung biaya hidup selama menempuh pendidikan di Eropa cuma menghabiskan 900-jutaan.

Ayoo...ayo...ayo..!! yang mau ke Eropa dan yang sudah pasti ke Eropa. Siapkan mental..:)

Inilah Beliau yang gw kagumi.

Dan inilah Orang yang mengagguminya.

Menjelang pamitan, beliau berpesan. Pengalaman itu bukan guru yang baik. He is the best, but not the best. Pasti kalian bertanya-tanya, kenapa pengalaman tidak dijadikan guru yang baik sedangkan hampir seluruh orang mengagungkan pernyataan itu.

beliau berpendapat, guru yang baik itu selain memberikan pelajaran yang baik juga dapat memberi tahu jika anak muridnya melakukan kesalahan. Pengalaman tidak dapat memberi tahu kita jika kita melakukan kesalahan.

4 comments:

Anonymous said...

#ngitungangkanoldari900juta

Jd mkir 2x bwt kuL dLwr
SLaen biaya pSti budaya bda bgt
Lum Lg ngLht IQ yg nyaris tiarap
Haha

Tp bnr kta bLiau
PngLmN g bs ngkritik
Tp kLo guru it bs

Adi Yulianto said...

biaya itu dari beasiswa bukan biaya pribadi..:)

Unknown said...

ih! merinding.. hiks.. pa arief keren banget ya.. mentalnya itu lho yg penting kalo mau kuliah diluar mah..

setau gw, orang jerman emang kaku banget di, lain halnya dengan beberapa orang eropa lain yang masih sedikit fleksibel :)

doain gw ya di...

Anonymous said...

tes tes tes :P