January 22, 2011

janji gw lunas

Entah kenapa, malam ini hasrat untuk bercumbu dengan kalian para celoteh'ers atau sekedar menyapa pembaca blog gw lewat untaian cerita yang sebenarnya tak pantas diceritakan tapi pantas dicelotehkan. Hmm..oke mungkin terbaca sangat absurd, jadi jangan tanya apa maksudnya. Hari ini, gw hunting sebuah buku yang mungkin bisa dibilang aneh. Mungkin dari cerita yang menggunakan bahasa yang sedikit bahkan mungkin vulgar, atau juga dari cerita kenapa buku ini terbentuk hingga terbit.


1 P 14 L (bukan plat nomer lho ya,hehe)

Ditemani lagu-lagu yang sudah tersedia di playlist sebuah gadget dengan apel digigit ujung doang *sampe sekarang gw masih bingung,knp harus apel? kenapa gak jeruk, atau buah yang lain. Durian atau nenas, sangat tak mungkin* jari-jari gw mulai menari-nari di keyboard menyusun kata demi kata untuk para celoteh'ers mania. Oke, itu maksa banget. Sangat maksa, walopun kalian terima dengan ikhlas..hehehe. Sedikit mereview buku ini, klo buku ini ditulis oleh 14 laki-laki dan satu orang perempuan. Mungkin yang sudah memiliki buku ini atau pernah membaca infonya sudah tahu. Si perempuan itu adalah Djenar Maesa Ayu. Penulis ini dalam menciptakan suatu cerita di buku tidak pernah membuat kerangka atau konsep jalan cerita seperti apa, intriknya bagaimana, lalu tokohnya berapa banyak, semuanya tak terkonsep dan mengalir begitu saja.

Djenar mengajak 14 laki-laki untuk menulis satu cerpen untuk setiap satu orang laki-laki, salah satunya Jerinx, drummer Superman is Dead. Can you imagine? Seorang drummer menulis cerita pendek yang mengenal Djenar hanya melalui situs twitter. Bahkan revisi tulisan dilakukan dengan cara saling mengirim email. Lebih uniknya lagi, satu cerita disusun dengan kalimat dibuat secara bergantian. *lho, sedikit kok jadi panjang gini review-nya..hahaha* Udahan ah! gw masih ada utang satu cerita di postingan gw sebelumnya...:)

Kenapa ada chimenk melekat di nama gw. Pasti pada ngira gw bandar atau bahkan pengguna chimenk *senyum sambil ngasih pilihan, noyor kepala lu sendiri atau gw yang toyor,,huahahaha* Chimenk jelas bukan pemberian dari orang tua. Gila aja lu, orang tua kasih nama anaknya dengan nama barang yang bisa membuat kecanduan. Chimenk berasal dari sebutan yang diberikan temen gw ketika kuliah dulu. Kala itu badan gw kurus *emang sekarang gemuk? ah gak juga deh..* dan spontan temen gw itu bilang "lu kurus, terus kelihatan lemes kayak orang habis nyimenk". Awalnya gw rada gak suka sih, tapi berhubung yang namanya A.De.I alias FABREGAS  *plak..!* begitu pasarannya, jadi untuk membedakannya. Gw mengiyakan. Semenjak itu, gw pun dipanggil "chimenk". Bahkan gw pun memberi tahu temen gw yang beda jurusan dengan gw, klo mau nyari gw bilang aja "adi chimenk". Karena temen gw suka nanya balik ke orang yang nyariin gw, "adi yang mana neh? ada 3 yang namanya adi". Pas yang nyari gw bilang "adi chimenk", temen-temen gw pun pada ngeh semua klo yang dicari itu gw.. -_-

Masuk di tingkat akhir kuliah, udah pada sibuk dengan penelitian dan skripsi. Temen gw yang ngasih julukan chimenk pun juga sibuk dengan penelitiannya, sampe suatu hari gw denger kabar dia kecelakaan dan koma.  Waktu itu, gw penelitian di luar Bogor. Selang seminggu kemudian klo gak salah, gw terima kabar dia menghembuskan napas terakhirnya. Dia pulang duluan meninggalkan teman, sahabat, kekasihnya, orang tuanya, saudara dan semua orang-orang yang mencintainya. Gw hanya bisa melihat batu nisan yang tertancap di atas gundukan tanah yang didalamnya terdapat jasad sahabat gw. 

Bukan bermaksud untuk tidak menghargai pemberian nama dari orang tua. Nama chimenk gw taruh hanya untuk fun, seperti fun-nya almarhum ketika memanggil gw dengan sebutan itu. *tak sadar, mata gw berkaca-kaca menulis posting ini*

GOODBYE MY FRIEND, EGA A.

Semoga lu tenang disana.

31 comments:

Gaphe said...

aisssh... dalem juga menk akhirnya..

gak nyangka yah segitu berarti nama lu itu.. elu kan cerita ke gw gak sampe akhir, cuman bilang kalo buat mbedain ama adi yang laen...

Gaphe said...

oh ya.. kelupaan..
jadi malem minggu ni kencan di warnet menk?.. wakakakak..

Iskandar Dzulkarnain said...

punch line di akhir entri bikin mataku berbinar mas adi :)

Pengkolan said...

hmmm...menyakitkan..:(

M. Hudatullah said...

owh...

Ummul Khairi said...

Temenmu berarti banget buatmu ya, sampai benar-benar meninggalkan kenangan yang dalam dari sebuah nama :)

Muhamad Ratodi said...

hmmm...klo asal kt chimenk nya dah agak bs ketebak sih, cuman kisah di blik namanya yang rada2 ga nyangka sob...thanx 4 sharing...

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" said...

yakin ga pernah nyimeng?? *gubrak (becanda)

hehhee

tapi i'm sorry to hear that....

Anonymous said...

panggilan = nama
jadi teringat temen kampus ak juga ada yg di panggil cimenk, tapi cewek..

ya itu alasannya orangnya kurus, kecil gitu + creweeeeetnya itu *jadi kangen hiks :'(

Unknown said...

turut berduka buat temen lo ya...
eh, tapi lo sebenernya mau dipanggil adi atau chimenk? jawab yg jujur ya.

Ajeng Sari Rahayu said...

Merinding aku baca kalimat penutup lu Menk, semoga almarhum diterima di sisi-Nya ...

Chici said...

turut berduka ya mas, moga amal ibadah temen mas diterima disisiNya, amin ya Rabb

Gaya tulisan Djenar kan memang banyak yg bilang aneh mas, wah aku penasaran nih pengen beli bukunya terutama ama gaya menulisnya bli Jerinx
#mupeng

Adi Yulianto said...

@gaphe: itu salah satunya, buat ngebedain. Tapi, gw juga gak tahu klo harus seperti itu endingnya..

betewe,gw kencan sama internet tp ada yang nemenin donk boo.. hehehe :p

@john, pengkolan, huda: seperti itulah adanya, sangat berkesan.

@Ummul: dia orang yang smart dan baik banget, sangat baik. Kepergiannya gak cuma mengejutkan,teman2nya.Tapi seluruh kampus.

@todi: sama-sama..:)

@noel: klo lu mau, gw ada barangnya..hahahaha. siaul lu.. :p

@mimi: kadang nama panggilan itu lah yg membuat pertemanan lebih akrab..:)

@mbak rifka: dipanggil chimenk monggo, dipanggil adi juga silahkan. sama-sama senang sayanya..:) *jujur lho ini mbak jawabnya, beneran deh saya jujur*

@ajenk: kamu merinding, saya yang menulis meneteskan air mata..

@chici: makasih ya chi..:)
beneran tulisan Djenar emang beda! ini pertama kali baca bukunya, dan buku pertama yang bikin gw mikir, semikir-mikirnya.

Fadly Furqon said...

endingnya so sweet bgt bang :`(

catatan kecilku said...

Ternyata ada kisah sedih di balik nama itu ya..? Semoga sahabatnya tenang di sana. Amin..

the others.... said...

chimenk = barang yang bisa membuat kecanduan? apaan to? kok aku gak tahu maksudnya?

place to study said...

nama panggilannya kok lucu sih Om?

TUKANG CoLoNG said...

jangan2 kualat tuh orang..
*kiddink

kenapa blog lu ga sekalian nuansanya diganti ganja banget..:P

Chici said...

haha hihi aku juga belum pernah baca bukunya dia mas, tapi sering liat aja di Toko buku...
dari judul-judulnya aja udah beda ama kebanyakan orang...
*makin penasaran pengen beli...

Place to Study said...

Gambar cover-nya kok lucu sih...?

Adi Yulianto said...

@fadly: sedih kan..? gw aja mewek nulisnya..

@bu reni: amin makasih ya bu..:)

chimenk itu daun ganja kering yang dibakar terus dihisap asapnya.. (tp saya gak make kok bu beneran.)

@sukrawan: punya template nya gak? bagi donk klo ada..hehehe

@chiche: buruan beli, dan buruan temenin gw pusing baca bukunya... hahaha

@place (anaknya bu reni ya?): lucu kan? sama kayak orangnya yg lucu juga..:)

Zulfadhli's Family said...

Serius deh, ternyata nama chimenk itu punya sejarah yah booo. Gw awalnya mikir dirimyu at least manager marketingnya tu barang hehehe

Btw salam kenal yah Sob. Oooohhh jadi yang suka rumpi2 ama emaknya Zahia tuh si Raja toh.

Oya, lo kul di Bogor? IPB kah????

Ya sutra, sekian dulu namunya. Besok2 ekye maen lagi. Eh, boleh ga blognya di link?

Ups, pessen sponsor. Jangan lupa yah ikutan kuisnya keluargazulfadhli. Hehehe, kalo buat modal nikah kayanya cuma cukup buat beli seprei malem pertama doang deh duitnya :-)

Zulfadhli's Family said...

Waaahhh ternyata kita sama2 makhluk IPB. Jurusan apa Om?

Huehehe, jangan manggil gw ibu2an dunks serasa ibu dosen ajah. Yah walopun status gw emak nyaris beranak 2 (karena yang ke-2 masih di perut), tapi kan umur baru 28. Masih muda boooooo :-)

Oya, gw anak Pertanian jurusan HPT angkatan 37. Dirimyu????? *tak kenal maka tak sayang. Jadi boleh dunks kenalan lebih deket hehehe

TOMKUU said...

ih resensi bukunya dikit bener... ga tuntas nih... haahaahha

eh btw mas chimenk tinggal di Bogor??

Oh jawaban buat masalah branding apple...

logo apel yang di pake itu terinspirasi dari pengalaman Isaac Newton yang menemukan gaya gravitasi... waktu itu kan dy lagi duduk di bawah pohon apel dan kejatuhan apel gt... jadi dari sanalah logo apple di buat... tapi sebelumnya logonya gak kaya gtu... dulu ribet banget... logonya tuh ada gambar pohon apel, ada issac newtonnya, dan ada apel berjatuhan gt... tapi kahirnya di redesign dan jadilah logo yang di pake sampe sekarang... ^^ (pengetahuan anak desain yang klo nyari di google juga banyak ^^)

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" said...

hahahhaha....

@ bu reni:
nyimeng itu maksudnya ngeganja bu.,,, maklum pengalaman.. pengalaman ngobrol sama temen-temen saya maksudnya. hhaha

Shudai Ajlani said...

RIP untuk sahabatnya :)

auliadriani said...

wahh, ternyata dalem ya makna nama lo itu menk... moga temen lo dah tenang di sisi-Nya...

Anonymous said...

awal nya saya pikir ini hanya celoteh biasa...tpi ttp tertatik untuk membaca...

setelah membaca...
saya baru sadar ternyata tulisan ini bermakna sangat dalam..

sya yakin tidak mudah menyusun kata2 sperti itu..simple mmg tpi mkna nya tersirat..ada sebuah rahasia yg terungkap..

tidak salah saya menghabiskan waktu untuk membaca tulisan anda.. :)

salam kenal mas adi...

sekalian mo nginfoin..
sapa tau butuh jasa penulisan Konten pd blog atau web..
ini bisa di coba www.PenulisContent.com

Recommended ^_^

anggar berkawand said...

Lama neh saya gak bersinggah disini..
kangen ama kawand-kawand blogger..
gmn pny kbar??

SALAM BERKAWAND
:)

Penghuni 60 said...

siapapun namamu sob, yg jls,kau ttp sahabat terbaik "Penghuni 60"
sukses slalu ya....!

Eka Sarifa Aliya said...

menyedihkan sekali :'( smoga almarhum tenang di sana kak