April 18, 2009

Akhir Triping

Pertengahan bulan Maret sampai awal April kemaren gw trip ke Sulawesi. Dimulai dari Sulawesi Utara, tapi gw bukan di Manado. Gw berada di Kota Bitung, yang jaraknya kurang lebih 1 jam perjalanan dari Manado. Kondisi di Bitung yang lumayan panas banget cuacanya membuat gw males-malesan buat muterin Kota Bitung. Pengen keluar malam, malah hujan mengguyur.
Gw di Bitung kurang lebih sudah 2 minggu lamanya, gak etis rasanya kalau tidak menjamah Manado dan merasakan wisata kuliner. Suatu hari gw cari waktu dan akhirnya gw meluncur ke Manado. Manado selain terkenal dengan Bunaken juga terkenal dengan Boulevard (hmmm...serasa di luar negeri). Boulevard itu merupakan kawasan bisnis di Manado. Emang lagi apes gw! Baru nyampe di Manado 10 menit..Breesss...!! hujan turun guede banget, dan lo tau apa?? Gw akhirnya nongkol di Mega Mall.

Jauh-jauh torang pigi ke Manado. Sampe di Manado, hujan turun lebat sekali. Torang depe rencana jalan-jalan tidak jadi (berkeluh kesah dengan logat Manado)

Gak afdhol rasanya sampai di Manado tidak makan makanan khasnya. Gw coba mampir di salah satu pasar yang biasa disebut dengan pasar malam yang memang khusus menjajakan kuliner. Gw pesen ”TINUTUKAN”, apa itu?? Hehehe..ini dia bentuk dari TINUTUKAN.



Tinotuan alias bubur Manado

Hmm...mirip dengan sup jagung. Tapi yang ini ada campuran ubi, kangkung, mie, sawi, dan sebagainya. Gw eneg ngliatnya, pengen rasanya muntah di warung itu tapi nanti gw pulang diusung sama mobil rumah sakit gara-gara digebukin..hehehe


Perjalanan gw lanjut ke bagian bawah Sulawesi. Sulawesi Selatan adalah tujuan gw selanjutnya, bukan di Makassar tapi Palopo. Gw baru denger ada daerah namanya Palopo. Kota yang terletak di daerah pegunungan dengan waktu tempuh dari Makassar sekitar 8-9 jam perjalanan darat. Di tengah perjalanan menuju Palopo dari Makassar gw menemukan mayoritas rumah penduduknya berbentuk rumah panggung. Kalau tidak salah nama daerahnya Kabupaten Wajo.


Rumah panggung

Bukan rumahnya yang bikin gue tercengang dan keget. Tapi apa yang dilakuin oleh masyarakatnya jika ingin pindah rumah. Rumahnya diangkat beramai-ramai..!! Orang-orang di Indonesia ternyata kuat-kuat, rumah saja sampe bisa diangkat.



Lagi istirahat di tengah jalan

Mantabz dah..!! mereka sambil ngeden buat angkat tuh rumah yang terbuat dari kayu. Kalau dihitung-hitung, yang angkat rumah ada seratus orang lebih (mungkin) dari ibu-ibu sampai anak-anak ikut bantuin. Kalau anan-anak kayaknya bantuin ngerecokin hehehe...
Tepat di pertengahan bulan April, gw kembali ke Jakarta dengan segudang cerita dan pengalaman. Satu lagi yang terlewatkan, gw juga kena tipu di Manado. Ah..!! biarkanlah, mungkin gw kurang beramal..^_^



TAMPANG GW SAAT AKAN MENINGGALKAN SULAWESI. EH..,ADA YANG TAU GAK GIMANA CARANYA BIAR HURUFNYA INI TEGAK LAGI..??

#
LombaBlogDepok, 17 Juli – 17 September 2010

3 comments:

Yulia said...

Tulisan yang menarik ... ;)
Untuk ikut lomba blog depok ya?? Sepertinya belum terpasang tag "lombablogdepok 17 Juli - 17 September 2010" ya Mas, kalau gak salah Tag itu salah satu syaratnya...

Adi Yulianto said...

Duh! makasih banget yah udah diingetin..:) untung belum expired..:)

moonlite! said...

enak ya jalan jalan. makanannya juga enak. tapi tetep muka lo ga ngenakin.