March 2, 2015

Jadi Pengen ke Lombok

Sekarang kalau ada yang tanya, lo asalnya darimana? Dari Lombok. Hampir semua orang pasti akan komentar, wuiihh..enak dong tinggal di Lombok. Lombok bagus pemandangannya. Lombok keren tuh.. Dulu, pertama kali gw pindah ke Jawa dan ditanya

"pindahan darimana?"

"dari Lombok"

"wah pedes dong.."

*dalam hati, tunggu aja. Bentar lagi lo bakal ngotot pengen ke Lombok*


Sekarang, siapa yang gak tahu Lombok? siapa yang gak kesengsem pengen ke Lombok? Gw saja sampe nangis belom kesampean balik lagi ke Lombok karena tiket akomodasinya yang agak lumayan naujubile.. T_T

Sedikit mau cerita, gw dulu lahir dan menghabiskan masa kecil gw di Lombok. Kurang lebih selama 14 tahun gw menikmati seloo nya tinggal dan hidup di Lombok. Selo, cara bacanya seperti slow dalam bahasa Inggris, biasa digunakan di Lombok untuk menggambarkan kehidupan yang santai. Pagi pergi sekolah, jam 1 siang sudah pulang sekolah, sore main layangan, main bola atau mancing mania di kali jangkok. Magrib belom pulang, sudah dipastikan label lidi nempel di betis kaki karena dipecutin bokap, hahaha.

Magrib nongkrongnya di mushola, ngaji? Sudah pasti. Ngaji bentar, nongkrong sampe isya. Beres isya, pulang ke rumah. Udah kelar, lingkungan sepi lagi. Tapi itu dulu di tahun 90-an, kalau sekarang gak tahu, pastinya sudah jauh berbeda. Lombok terkenal dengan basis muslim yang kuat dengan penduduknya yang taat terhadap ajaran Islam. Bisa gw pastikan, sampai saat ini hal tersebut masih dipegang teguh dan kuat.

Hidup dan tinggal selama 14 tahun di Lombok, membuat gw sangat fasih berbahasa sasak. Bahkan, gw nyaris gak bisa berbicara bahasa leluhur gw, bahasa jawa. Hampir setiap hari dalam bergaul selalu pake bahasa sasak, kecuali waktu di sekolah. Klo lagi kangen Lombok, gw suka minta dikirimin foto tempat yang gw lagi kangenin, seperti Bumi Gora atau Lapangan Umum.

Nyang bikin kangen di Lombok itu...
1. Suasananya klo bulan puasa, bener-bener meriah. Beres solat subuh, tanpa pikir panjang langsung kabur ke Jalan Udayana. Ini jalan paling pemeus alias jalan protokol. Ujung jalan ini adalah bandara Lombok yang sekarang sudah dimuseumkan. Bandar Udara Selaparang.

2. Sampai di jalan Udayana, gak afdhol klo gak mampir ke monumen Bumi Gora. Monumen Bumi Gora identik dengan batu besar yang berada di puncaknya sebagai simbol peresmian monumen. Gora berasal dari singkatan Gogo Rancah. Dulu, ada varietas padi yang namanya Padi Gogo dan saat panen raya dilakukan di Lombok.

3. Lebaran, nah ini yang paling seru. Lebaran di Lombok gak cukup sekali, tapi dua kali. Lebaran pertama adalah lebaran Idul Fitri, lebaran kedua adalah lebaran ketupat, atau orang Sasak biasa menyebutnya dengan lebaran topat. Di lebaran topat inilah baru lebaran sesungguhnya, opor ayam, sayur sambel goreng ati, dan teman-temanya dikeluarkan *njiirr..jadi ngece gini gw*

4. Namanya juga Lombok, identik dengan makanan pedas. Makanan kesukaan gw adalah plecing kangkung, ayam taliwang dan sambalnya itu juara banget pedasnya. Namanya sambal beberuk, terbuat dari terong bulat dan kacang panjang yang masih kecil terus dipotong kecil, kemudian diaduk jadi satu dengan sambal tomat. Rasanya, jordan alias jontor edaaaan.. :)

5. Di Lombok terkenal dan sangat kuat akan penduduknya yang beragama Islam, tapi bukan berarti warga non-muslim tidak bisa hidup. Warga pendatang dari Bali yang mayoritas beragama Hindu sangat nyaman tinggal di Lombok. Bahkan upacara keagamaan mereka pun sangat dihormati, seperti galungan & kuningan, nyepi yang diakhir acara biasanya ada pawai ogoh-ogoh sepanjang jalan protokol. Di sini letak keistimewaan Lombok yang bikin gw kangen berat. Cukup ke Lombok, lo sudah bisa menikmati suasana di Bali. Ya..,klo lo mau menikmati tanjung benoa atau GWK, ya lo musti dan harus ke Bali..:)

Di youtube mungkin bejibun video tentang Lombok, tapi gw kepincut sama satu video yang presenternya ternyata satu sekolah waktu SMP di Lombok. Dulunya doi pernah jadi presenter jejak petualang. Cekidot..!


Jadi pengen ke Lombok kan lo...??!! hahaha


Nama Dagangan

adventure (14) AWARD (8) curcol (5) exploresumba (1) family (2) fiksi (2) GiveAway (2) HK (2) horor (1) humor (7) info (6) kompetiblog2012 (2) my mind (7) My Money (25) opini (27) pengalaman pribadi (5) share (89) Singapore (3) umum (18)