February 2, 2015

Tiket Pesawat Lebih Mahal Dalam Negeri Dibandingkan Luar Negeri

Banyak orang yang rela menyisihkan sedikit uangnya agar bisa dipakai untuk berekreasi dan liburan. Apa yang  direncanakan, tak selamanya berjalan mulus. Dana untuk liburan sudah disiapkan, apa daya dananya tidak cukup untuk liburan domestik, semisal pergi ke Lombok. Ternyata, dananya malah cukup untuk melancong ke luar negeri dengan cara bacpack. Miris ya sob..! Mungkin pariwisata kita hanya cocok untuk mereka yang berkantong tebal dan wisatawan mancanegara, bukan untuk wisatawan dalam negeri. Lihat aja sob! tiket pesawat lebih mahal dalam negeri dibandingkan luar negeri. Pakai alternatif lain saja untuk transportasinya.., Yakin? Nah, ini perbandingannya menurut analisis saya.

Sekarang coba bandingkan harga tiket pesawat dengan harga tiket bis untuk tujuan Lombok misalnya. Menggunakan bis ke Bali, berarti lo udah siap untuk menghabiskan waktu di jalan. Inget! Lo pergi liburan, bukan pergi untuk berlama-lama di jalan dan menghabiskan waktu tidur di dalam bis. Kecuali klo lo bismania, itu lain cerita. Lo rela gak turun dari bis atau bahkan lo gak akan pergi rekreasi klo perginya gak pake bis. Itu yang pertama, kemudian yang kedua ijin cuti dari perusahaan tempat lo kerja. Ijin cuti seminggu di-approve saja merupakan hal yang amazing. Jadi, ketika ijin cuti panjang sudah di tangan, yakin mau menghabiskannya di perjalanan?

Nah, klo lo pake pesawat yang mungkin cost-nya agak sedikit mahal dibanding menggunakan bis. Lo bisa siasati dengan mencari penginapan murah dan nyaman supayabudget yang lo udah siapin gak membengkak. Inget sekali lagi, lo liburan bukan tidur-tiduran di hotel berbintang. Klo mau tidur-tiduran di hotel yang memberikan pelayanan plus-plus kagak usah liburan. Di rumah aje, ngerem di kamar. hahaha


Gw bisa bilang tiket pesawat tujuan dalam negeri lebih mahal dibandingkan tujuan luar negeri. Karena gw udah membuktikannya di tahun 2011. Waktu itu, sebelum gw masuk kerja di kantor yang baru. Gw punya waktu kosong sekitar seminggu. Wah asik nih! mulai deh browsing tiket pesawat. Tujuan pertama adalah Lombok, napak tilas sekalian silaturahim sama ari-ari gw *ya kali dah masih ada..* Gw mikirnya, kalau ke lombok penginapan dan transportasi bisa gratis. Alhamdulillah, di Lombok masih ada tante, jadi bisa numpang sementara. Transportasinya bisa minjem motor tante gw atau minta dianterin ke sana kemari sama temen gw disana *sombooong*, percuma pernah tinggal lama di Lombok kalau tidak bisa memanfaatkan teman *lhaaah..!*

Damn! Tiket sekali jalan ke Lombok 750 ribu - 850 ribu, berarti untuk pulang pergi Jakarta-Lombok-Jakarta gw harus nyiapin duit 1,5 jutaan. Set dah! baru nyampe bandara udah tongpes cuy..! Iya sih, gw di Lombok penginapan gratis sama transportasi juga gratis, tapi motornya pake bensin bukan pake air. Ya sudahlah, impian berlibur ke Lombok langsung gw close. Iseng kalo ke luar negeri berapa duit yak? coba cek klo pergi ke Malaysia sekalian ngelamar jadi TKI dan ternyata ada tiket promonya. Tiket pulang pergi Jakarta-Malaysia-Jakarta cuma 600 ribu. Nah kan! jauh banget kan bedanya. Kalau logika bego-begoan saja nih, waktu tempuh Jakarta-Malaysia sama Jakarta-Lombok kurang lebih sama. Berarti bahan bakar yang dihabiskan pun sama, kenapa tiketnya lebih mahal tujuan dalam negeri? Atau mungkin cost yang dibayarkan pihak airlines ke bandara lebih mahal untuk dalam negeri dibandingkan bandara luar negeri?

Ya sudahlah, harga tiket pesawat lebih mahal dalam negeri dibandingkan luar negeri masih jadi misteri buat gw sampai sekarang. Why??

Ada yang mau pijit?

3 comments:

ReBorn said...

Karena permintaan pasar bro. orang ke Lombok mungkin karena libiran aja, tapi kalo ke Malaysia bisa jadi karena bisnis juga. Lebih banyak yang mau ke Malaysia dari pada ke Lombok sehingga antar airline semakin kompetitif.

Btw, sekarang gue ngeklik "post comment" muncul iklan Lazada.com di new window. just FYI.

Unknown said...

saya udah klik iklan nya jadi nitip link yah jangan di dealet yah
http://desi28.blogdetik.com/2015/02/22/makalah-bulu-tangkis/

http://goo.gl/zqeVl7
http://goo.gl/iNL54i

Vimax Original Solusi Pria Perkasa said...


artikelnya sangat membantu gan thanks for sharing :)