December 11, 2017

Harbolnas dan Diskon Akhir Tahun

Lagi browsing kemudian dihantui dengan banner iklan dan promosi Harbolnas? Tergiur? Sudah pasti. Selama berbulan-berbulan bekerja mengumpulkan rupiah sedikit demi sedikit untuk membeli barang yang diinginkan. Saat ingin membeli, eh..! ada diskon besar-besaran karena adanya Harbolnas, Hari Belanjan Online Nasional. Saking senangnya dapet diskon gede jadi lupa diri dan boros. Inget bro! jangan konsumtif, gaji lo gak cuma buat harbolnas.


harbolnas 12-12-2017
12-12-2017


Harbolnas rencananya akan dihelat pada satu hari saja, yaitu di tanggal 12-12-2017 (lo kudu catet, buat yang punya duit, yang gak punya duit dicatet juga. Kasih ke yang punya duit, siapa tahu lo kecipratan, jiahaha). Tak sedikit orang menjadi kalap dan gelap mata saat harbolnas. Gimana tidak gelap mata, diskon yang ditawarkan jarang terjadi kalau melakukan pembelian secara reguler (bukan harbolnas). Jangankan diskon, cicilan ringan saja lo semua gampang tergoda. Misalkan saja, lo beli barang dengan harga 12 juta dengan cicilan 0% dan dibayar selama 12 bulan alias setahun. Artinya setiap bulan lo harus bayar 1 juta untuk pembelian barang tersebut.


Gak cuma harbolnas yang transaksinya secara online. Transaksi secara offline pun juga demikian, tapi kalau yang ini terjadi ketika menjelang akhir tahun. Biasanya dikenal dengan nama "midnight sale". Mall - mall akan menerapkan hal yang sama seperti halnya di online shop. Diskon besar dan cicilan ringan. Untuk offline shop, biasanya lebih banyak akan memberikan diskon terhadap produk fashion. Karena si pembeli tidak mau membeli produk fashion akan mencoba terlebih dahulu produknya, apakah kekecilan atau kegedean. Hal tersebut yang belum banyak bisa dilakaukan oleh e-commerce. 


Mindnight sale mulai dibuka di mall biasanya mulai jam 11 malam sampai transaksi selesai. Temen gw bahkan barus selesai transaksi pas adzan subuh. Edian..! Mungkin mereka saat ambil dan pilih barang nya hanya sebentar, tapi yang bikin lama adalah ketika antrian pembayaran di kasir. Gw bukan tipe orang yang lapar mata ketika melihat ada diskon gede yang terpampang nyata di depan muka. Bukan karena gw gak punya duit atau pelit, tapi gw lebih memikirkan seberapa urgent gw harus beli prosuk yang diskon nya bikin berantem suami istri. hahaha.


diskon akhir tahun 2017
Diskon Akhir Tahun


Buat lo semua yang mau memanfaatkan harbolnas, please be smart! Jangan diskon gede, semua barang disikat. Gaji habis, tabungan habis, yang ada malah nangis-nangis kagak bisa makan. Begitu juga saat diskon akhir tahun, sebelum ke mall pastikan dulu mau beli barang apa atau kalau memang ada barang yang kapan lagi diskon gede, pastiin itu gak mubazir dan gak menyesal setelah membelinya.


Karena penyesalan datang belakangan, kalau datang duluan namanya pendaftaran.

1 comment:

Tira Soekardi said...

wah nantinya takut kalap mata nih semua diborong