November 17, 2011

Hard Work

Cangkir kopi sisa semalam masih tergeletak di atas meja. Ampas kopi juga terlihat mengitari bibir cangkir. Beberapa puntung rokok juga terlihat memenuhi asbak yang berbentuk telapak tangan orang dewasa.

Jancuk!! gaweanku dhurung mari mari. Ne' koyo ngene kapan iso leren awak ku (dengan logat Surabaya yang kental sekali).

Entah sudah berapa banyak kertas yang dihabiskan untuk menggambar konstruksi rumah dengan tiga lantai. Maklum, pemesan gambar adalah seorang terpandang dan memegang jabatan penting disalah satu daerah kawasan Surabaya. Jadi  bisa dipastikan pundi pundi kekayaan sang juragan sangat banyak. Tresno sudah bolak balik menyerahkan beberapa gambar rancangan rumah yang dibuatnya. Dan untuk kesekian kali itu pula selalu ada revisi dari si juragan.

Sudah tak terhitung, berapa banyak lembar kertas kalkir yang digunakan untuk membuat rancangan gambar rumah yang dipesan yang pada akhirnya ditolak.

Bapak iku karepe piye seh? Rugi akeh aku. Kertas gambar wes akeh sing diguwa', gambar ndak ono sing disetujui. Njaluk iku lah, jendelone mesti ngono lah, ngene lah.. Ah, asu..!! jancuk..!! Tresno mulai misuh misuh tidak jelas.

Poko'e, iki gambar terakhir sing direvisi. Nek iseh neko neko, moh aku nggarap meneh. karepmu lah pak. Palingan omah mu ndak dadi.

Tepat jam 9 pagi dengan menggunakan angkot, Tresno meluncur ke rumah si Bapak. Sesuai rencana, Tresno telah membuat janji dengan sekretarisnya kalau dia akan bertemu dengan si Bapak jam 10. Satu setengah jam menunggu, tanpa sarapan hanya rokok sisa semalam yang dihisap Tresno. Membuat perut Tresno bunyi tidak karuan. 

Dhurung sarapan, saiki ngenteni suwi. Nganti ndak di acc, aku mutung. Untuk kesekian kalinya, Tresno membatin hal terburuk yang bisa saja terjadi terhadap kerjaanya.

Setelah sekian lama menunggu si Bapak muncul dari balik pintu dengan raut wajah yang tidak seperti biasanya. Sebelumnya ketika bertemu dengan Tresno, si Bapak selalu dengan raut wajah yang penuh amarah dan siap mencerca hasil kerjaan Tresno.

"Ayo le, mlebu mrene le..! Arepe ngombe opo? kopi opo teh?" Ajak si Bapak yang kental dengan logat Surabaya bercampur Madura.

"Gimana, gambar rumah saya sudah jadi tho?"

"Sudah Pak, semuanya sudah saya perbaiki sesuai permintaan Bapak tempo hari" Tresno menjawab sambil membuka gulungan kertas gambar dan menunjukkannya ke Bapak.

Si Bapak manggut-manggut selang beberapa menit terlontar pertanyaan, "Ini berarti gambar rumah yang ke 20 ya No, yang kamu tunjukkan ke saya?"

"Injih Pak, leres. Ini gambar yang ke 20. Kalau diurut, berarti ada 20 kali revisi"

"Gambar yang lama masih kamu simpen tho?"

"Masih Pak, semua gambarnya masih saya simpan. Emange kenapa tho Pak?" Tresno penasaran.

"Kumpulkan semua gambar-gambar itu, terus wujudkan dalam bentuk rumah yang sesungguhnya. Sebenare, saya iku lagi nggawe bisnis property. Mangkane, saya nyuruh koen nggawe gambare sampe bolak balik. Iku bukan revisi. Aku ngerti iku gambare wes bener. Mung aku pengen setiap omah iku bedho, special. Ngko, koen dadi manajer pembangunane. Iki gajimu plus uang tambahan atas kerja kerasmu" sambil menaruh amplop coklat yg begitu tebal ke tangan Tresno.

------

Entah apa yang ada di pikiran si Tresno. Selama perjalanan dia hanya memeluk tabung yang biasanya digunakan untuk memasukkan kertas gambar. Kini di dalam tabung itu berisi amplop coklat tebal berisi uang. Jumlahnya? Tresno belum berani menghitungnya.


Sesampai di rumah, dibuka perlahan amplop coklat itu. Dari dalam telah mengintip kertas berwarna kemerahan dan berwarna biru. Uangpun dikeluarkan dari dalam amplop, dan wow! Banyak sekali. Tresno hanya termangu menganga sejadi-jadinya.

"Mboooookkkeeeeee...!!! anakmu entuk rejeki akeh..!" Teriak Tresno dari dalam kamarnya. Ibunya yang dari dapur lari terbirit-birit menghampiri kamar anak semata wayangnya.


"Duh Gusti, koen maling neng ndhi tho le...?? Simbok ngerti, koen dhurung ono gawean sing tetep. Nanging ojo nyolong tho le.." teriak Ibu Tresno sambil mengelus dadanya dengan mata yang bercucuran air mata.

"Mbok, Tresno ndak nyolong utowo maling. Tresno entuk duit iki soko Bapak sing njaluk tulung digambarke omah" mencoba menenangkan si Ibu yang sesenggukan.

"Saiki, anakmu dadi manajer pembangunan Mbok" cerita Tresno ke Ibu yang ia sayangi.


15 comments:

Iskandar Dzulkarnain said...

subhanalloh
semoga saja ini cerita nyata

Anonymous said...

ceileeee bikin fiksi juga.. nah ini baru jawa beneran ngga kayak gw jadi jadian..

itu gw ngebayangin yg jadi si bapak kok si ferdian ya bahahaha

Adi Yulianto said...

@john: mungkin di suatu daerah sana pernah terjadi, tapi gw gak tahu. saat ini, hanya fiksi belaka..:)


@anan: hahaha, iya nih bikin fiksi. dan gw gak nyangka ternyata gw bisa..

hahaha, ferdian? bisa, karena ada Madura-nya..:D

Anonymous said...

ya bisa laaah! bikin lagi!

Shudai Ajlani said...

Brooh brooh titip salam buat Saiki sama Jancuk yah B))

Adi Yulianto said...

@dhai: titip salam apa nih broh buat Saiki sama Jancuk..:D

Ferdinand said...

Weh.. weh.. weh... bahaya Cah... enek kata Jancuk neng kene hahaha... :)

bentar2 gw ngucek2 mata dulu.... menk gw mau langsung to the point aja ya? ini postingan bener lu yg nulis? gila bisa bikinn cerita lu menk?????????? gak nyangka gw

Ferdinand said...

Aduh beneran salah ngasih link gw, malah link orang gw bawa2 hahaha.. sorry menk, tadi abis gw copas tuh link ke postingan gw makanya gw lupa ikut kepake buat koment disini hhe..

Adi Yulianto said...

@fer: hahahaha, anda menyangsikan keabsahan dan kemampuan gw..

iye, beneran ini cerita dari otak gw. gw juga heran bisa nulis cerita macam begini..heheheh

Gaphe said...

#syok
#ucek-ucekmata

Gak nyangka lu bisa nulis cerpen kayak gini menk.. hebaat.. empat jempol deh, plus dua jempol kaki bau hasil minjem buat elu!!

Iskandar Dzulkarnain said...

wah sayang sekali kalo fiktif

TUKANG CoLoNG said...

pinter bercerita sekarang lu bro :)

Zulfadhli's Family said...

Mantaafff dah jadi cerpenis juga neh sekarang

Ditunggu cerita laennya Menk!

opick said...

wah mantbs nih artikel boleh tuh share ke tmpat ane ya dan salm silaturahim bang atau bu n kunjungi blik blog saya klu perlu koment yah

Obat Herbal Penyakit Radang Hati said...

agak rumit bhasanya,,hehehe ga ngerti soalnya