November 26, 2010

Selamat Hari Guru

Tidak banyak yang tahu (termasuk gw) kalau Hari Guru Nasional itu jatuh pada tanggal 25 November. Yapz! tepatnya kemaren, seluruh Guru di Negeri ini merayakan Hari Guru. Walaupun masih banyak guru yang kehidupannya jauh dari sejahtera lha,bukannya dari dulu yak?? tetapi, Profesi sebagai Guru sungguh mulia. Sangat Mulia. Sedikit info ya buat para reader, dengan kemajuan teknologi yang saat ini sangat-sangat pesat. Ternyata, banyak Guru belum melek komputer. Sedangkan sistem belajar dan mengajar sekarang sebagian besar sudah memanfaatkan komputer. Gw berharap, para guru juga jangan gengsi untuk bertanya cara menggunakan alat yang satu ini. Gw juga sering mengajarkan cara bermain facebook dan chating menggunakan komputer ke bokap yang saat itu belum pensiun dari guru.


Kita flash back dikit ke belakang (flash back emang ke belakang *plak*) beberapa tahun saat gw masih SMP. Sebelumnya gw pernah tulis juga tentang masa SMP gw waktu di Lombok. Masa itu belum berakhir kawan. Aselinya gw menyelesaikan masa SMP gw di Magetan. Buat yang gak tahu Magetan dimana, please cek your map and please choose maximal zoom. Because,Magetan also known as (with me) MANHATTAN is the hidden city (yeah! this is crunchy joke, hehehe).

Seiring selesainya caturwulan pertama (gw masih merasakan donk tiap tiga bulan libur, *sombong*). Gw say goodbye terhadap tanah kelahiran gw Lombok untuk pindah ke tanah leluhur dari nyokap di Magetan. Melanjutkan caturwulan kedua dan ketiga untuk menyelesaikan masa SMP di sekolah yang baru tak semudah kentut yang keluar. Jadi kentut jangan ditahan-tahan ya guys..! (lha emang apa hubugannya kentut sama lanjutin sekolah *bletak*)

Di dalam tubuh gw ini memang mengalir deras darah bangsawan keraton Jawa, baik dari bokap maupun dari nyokap. Akulturasi budaya di Lombok membuat gw kagok ketika diajak berbicara bahasa Jawa. Alhasil, gw pun belajar bahasa Jawa ke orang tua untuk bahasa yang baik dan yang tidak baik "terpaksa belajar" dari temen-temen gw. Gak lucu donk klo gw dikatain "J*N*C*K" gw malah ketawa ngakak. Seminggu pertama di sekolah yang baru, gw udah kena 3 masalah. (horeee..!! prok..prok..prok)

Masalah Pertama
Gw disuruh keluar kelas karena gak ngerjain PR (bukan page rank! mentang-mentang blogger liat PR langsung kepage rank aja) alias pekerjaan rumah nyapu dan ngepel. Mata pelajarannya adalah "Pembukuan dan Ketrampilan Sederhana". Sebagai anak baru dan di sekolah yang lama gak ada pelajaran semacam ini, gw pun cengoh sejadi-jadinya. Lebih parahnya, gw disuruh bikin surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatan yang sama dan ditanda tangani orang tua (aiiih..,baru juga masuk udah bikin surat kesepakatan begini). Nama guru itu adalah Bu Darwati. Semenjak kejadian itu, gw jadi kecanduan mata pelajaran ini. Bikin mumet, ngitungin aktifa dan pasiva perusahaan, bikin neraca keuangan yang duitnya duit imajinasi. Berkat Bu Darwati gw sedikit paham gimana membaca neraca keuangan.


Masalah Kedua
Gw kena hukum lagi! *sigh* Ampuuunn,dosa apa seh gw selang dua hari udah kena hukuman lagi. Kali ini mata pelajaran Ketrampilan dan Kesenian. Guru masuk dan selang beberapa menit setelah kata pembukaan beliau berkata "sekarang keluarkan bahan untuk ketrampilan kalian". Untuk kedua kalinya gw cengoh. Klo dibandingin sapi, masih kalah deh.. (gw maksudnya kalah cengoh sama sapi). Bahan ketrampilan apa lagi ini? ketrampilan untuk buat apa?? Duh gw semakin gak mengerti. Tapi untungnya, si Ibu Guru ini baik banget. Gw lupa namanya (maaf ya Bu..*smile*) Dia mengerti kalo gw anak baru. Emang gw-nya yang bandel, dikasih hati minta jantung. Udah gak bawa bahan, gw malah bikin gaduh di dalam kelas sama temen-temen gw. Akibatnya Ibu Guru menyuruh gw keluar kelas dan tidak mengijinkan gw ikut pelajarannya sampe gw buat surat pernyataan lagi (doh! surat pernyataan lagi..) Dua kali berturut-turut gw bikin surat pernyataan. Setelah itu, nilai gw untuk mata pelajaran ini gak jelek-jelak amat..hehee Makasih ya Bu..:)


Masalah Ketiga
Ini adalah akhir dari masalah gw. Masalahnya adalah waktu pelajaran Seni Musik, di saat yang bersamaan guru yang biasa mengajar sedang sakit dan digantikan oleh Guru yang lain. Gw gak tahu bijimane history-nya, semua anak cowok di kelas gw gak seneng sama itu guru pengganti. Hasilnya, semua anak cowok di kelas gw sepakat keluar gak ikutan pelajaran. Awalnya gw gak mau ikutan kabur, tapi gw diancam. Daripada gw babak belur dihajar satu kelas mending gw ngikut ajalah. Fiuh! baru kali ini gw kabur dari pelajaran. Endingnya, itu guru nunggu sampe bel pulang sekolah. Mau gak mau kita-kita pada balik ke kelas dengan detakan jantung lebih cepat dari detik jam dinding di kelas. Muka mulai merah padam, hukuman apa yang bakalan diterima. Dan lu tahu apa?? lu tahu??? Itu guru gak marah sama sekali.. Ooohh...baik sekali. Thanks ya Pak Hendro.

Buat para Guru di seluruh Negeri ini, terutama yang pernah ngajar gw dari TK-SMA. Terima Kasih atas bimbinganmu hingga gw bisa seperti ini. Maaf kalau gw selama jadi murid pernah membuat Bapak dan Ibu mengelus dada karena kekurang ajaran sikap dan sopan santun.
SELAMAT HARI GURU..! ^_^

13 comments:

Gaphe said...

pantesan gedenya kayak gini... kecilnya sering bikin masalah sih. :D
eh menk, masalah lu kbanyakan ma bidang seni non akademik gitu sih?..
~berharap ini gak ada hubungannya sama muka lu yang gak berseni... hahahah..piss!~m

ReBorn said...

yaelah, phe. segitu tuh dia belom bandel. ini udah gdenya sekarang lebih parah malah. ghahaha. piss meng.

kadang segalak-galaknya guru dia tetep sayang ama kita. gue yakin, semua guru pasti pengen muridnya cerdas!

Iskandar Dzulkarnain said...

aku saja ga tahu hari Guru itu kapan .. tahunya pas lihat Google :P

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" said...

bandelnya lo bang masih dalam tahap kewajaran kali... hhehe


OOT: cara bikin tulisan kecoret gitu gimana caranya???

Ocky Fajzar said...

wkwkwk kalo gak mbandel, gak gaul sob hahaha ngomong2 J*N*C*K... paantuh? :p

Adi Yulianto said...

gaphe and reborn: buahahaha siaul lu berdua..!!


john: wah, payah deuh kagak tahu...,padahal gw juga baru tahu lewat twiter..hehe


noel: yang jadi maslah adalah gw bandelnya di sekolahan dimana nyokap gw juga ngajar di situ..

tulisan coret lu pilih pengaturan terus ke dasar nah pilih editor entri-nya yang dimutakhirkan. setting ke bahasa indonesia aja blog lu pengaturannya.. selamat mencoba..:)

Ocky: nah kan, ada yang nanya juga akhirnya..hehehe J*N*C*K= JANNCUK. (ngajarin gak bener deh gw)

penghuni60 said...

sama sob, aku jg wkt skolah dulu bandel, skrgnya eh tambah bandel...
hehe..
met hari guru ya...
buat ibu bpk guruku, mksh atas jasa2mu

Fei said...

jadi inget guru tersayang gw waktu sd. eh ngomong ape di postingan reborn? raja bencong? moso seh?

besok dah gw buat baju khusus bencong yang banyak bulu-bulunya, wakakakakakakakka


loe gak ikutan review neh? payah ah

TUKANG CoLoNG said...

meskipun lewat, selamat hari guru juga ya..:)

Iskandar Dzulkarnain said...

hahah ... sama aja tuh :D

Anonymous said...

hehehe salam kenal sob..bagimanapun juga guru tetap jadi pahlawanku...heheh

Obat Perangsang Wanita said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Obat Perangsang Wanita said...
This comment has been removed by a blog administrator.